Tips-tips Merawat Pakaian Batik Pria

Konveksi Kaos di Surabaya - Merawat pakaian batik adalah suatu hal yang gampang-gampang susah. Umumnya saat membeli batik sering kita menanyakan kepada pedagang batik mengenai jenisnya, cara merawat dan mencuci pakaian batik mengingat kain batik berbeda-beda jenisnya dengan kain pakaian biasa. Maka dari itu berikut beberapa tips merawat pakaian batik yang sudah kami rangkum sebagai berikut :

Pertama : Untuk mencuci batik anda bisa memakai sabun yang khusus untuk batik yaitu sabun lerak atau bisa juga memakai cara yang sederhana dengan ramuan garam yang sudah dilarutkan dengan air untuk merendam pakaian sebelum mencucinya dengan deterjen.

Kedua : Selanjutnya anda bisa memisahkan pakaian yang baru dengan pakaian yang lainnya hal ini dilakukan untuk menghindari kelunturan dari kain batik yang anda miliki.

Ketiga : Rendamlah pakaian batik anda kurang lebih 3-5 menit untuk menghilangkan bau dan kotorannya dan jangan merendam terlalu lama karena bisa merusak serat dari kain.

Keempat : Untuk anda yang biasanya mencuci pakai mesin cuci, disarankan untuk tidak mencuci pakaian di mesin cuci. Karena dapat merusak kain batik dan umur batik anda tidak akan panjang.

Kelima : Kucek pada bagian-bagian batik yang ada nodanya saja. Caranya kucek kain secara perlahan lahan dan jangan menggunakan sikat untuk mencuci cukup hanya dengan tangan saja.

Keenam : Setelah semuanya selesai bilaslah pakaian anda dengan air yang bersih.

Ketujuh : Pada saat membilas pakaian, remaslah secara perlahan agar serat kain tidak mudah rusak.

Kedelapan : Kemudian jemur pakaian anda yang sudah di cuci tadi dengan menggunakan hanger di tempat yang tidak secara langsung terkena matahari. Ini bertujuan untuk mencegah warna kain tidak cepat pudar dan cukup di angin-anginkan saja.

Kesembilan : Kemudian setrikalah pakaian anda menggunakan setrika dengan panas yang normal jangan terlalu panas dan di sarankan untuk memakai pelicin supaya pakaian bisa rapi saat di setrika.

Kesepuluh : Terakhir simpanlah pakaian anda di lemari dan juga tambahkan bahan bahan alami seperti lada atau merica yang sudah dibungkus untuk menggantikan kapur barus sebagai bahan pewangi.

Baca Juga : 8 Cara Membersihkan Noda Bandel Pada Pakaian

Demikian informasi yang sudah kami sampaikan mengenai tips merawat pakaian batik semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda semua. Sekian dan terima kasih. Konveksi Kaos di Surabaya

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer